Powered By

Free XML Skins for Blogger

Powered by Blogger

Selasa, 25 Desember 2007

Menyiapkan ruang harddisk (partisi) untuk Linux. Kondisi awal: sebuah harddisk dengan seluruhnya OS Microsoft Windows NTFS/FAT.

Kondisi awal:

"sebuah harddisk yang seluruhnya berisi Microsoft Windows (=NTFS/FAT)."

A. Persiapan
1. Sebelumnya pastikan Anda sudah menjalankan chkdsk pada command prompt di MsWin. Buka command prompt dengan Start > Accessories > Command Prompt atau Start > Run > Ketikkan "Cmd" dan beri Enter.
2. Ambil CD-1 "Mandriva 2007 Free", (saya mencoba menggunakan Mandriva free edition) selanjutnya disingkat CDMDV, masukkan ke dalam CDROM drive untuk dipakai pada boot berikutnya.
3. Shutdown komputer Anda.
4. Start komputer Anda dan dengan CDMDV sudah di dalam CDROM Drive.
Maka komputer akan boot dari CDROM dan menjalankan Installer Mandriva.
5. Pada dialog "Language Choice", pilih English(American) atau Indonesia, terus gerakkan masuk ke tombol Next dan klik di situ.
6. Pada dialog "License Agreement", pilih Accept, kemudian Next
7. Pada dialog "Security Level", pilih High [atau apa saja], kemudian Next
8. Kemudian kita masuk ke dialog "Partitioning" yang kita butuhkan untuk mempartisi (=membagi ruang harddisk).

B. Mempartisi
1. Untuk mengambil sebagian ruang kosong pada MsWin untuk diisikan Linux, maka pada dialog "Partitioning" ini pilih:
"Use the free space on th Microsoft Windows (R) partition", kemudian klik Next
2. Muncul "Warning" yang mengingatkan Anda untuk menjalankan chkdsk terlebih dahulu, kalau sudah Anda lakukan, klik Next. Kalau belum Anda perlu melakukannya terlebih dahulu, (kembali ke langkah A.1).
3. Muncul sebuah dialog "Which size do you want to keep for Microsoft Windows(R)" pilih ruang yang Anda mau sisakan untuk MsWin, misalkan 2000 (=2 GB). Caranya adalah menggeser dengan mouse slider warna biru sampai ke kira-kira 2000, kemudian untuk menaikkan dan turunkan yang halus, gerakkan panah kiri atau kanan. Setelah selesai, klik Next.
4. Mandriva akan me-resize partisi MsWin Anda dan sisa ruangan harddisk akan dibuatkan partisi-partisi linux. (Akan memakan waktu cukup lama).
5. Akan muncul suatu informasi bahwa ketika Anda menjalankan MsWin Anda kembali, akan MsWin akan menjalankan checkdisk (chkdsk) secara otomatis
6. Partisi-partisi linux akan dibuatkan oleh Mandriva.
7. Untuk melihat partisi-partisi yang telah dibuat, pada posisi ini kita restart komputer dengan Ctrl-Alt-Del atau tombol "Restart" pada CPU.
8. Ulangi langkah A-4 sampai bertemu dialog "Partitioning (A-8)".
9. Pilih "custom disk partitioning"
10. Akan terlihat pembagian kira-kira:
hda1 : MsWin, hda5: journalised FS ext3, hda6: swap, hda7 journalised FS ext3.
11. Bila ingin membuat partisi sendiri, berikut adalah patokan untuk besar partisinya:
a. swap: besarnya 2x RAM komputer Anda, misalnya RAM Anda 512MB, maka swap = 2x512 MB= 1024 MB.
b. journalised FS ext3 yang pertama besarnya kl. 6-10 GB (untuk menyimpan system linux dan program-program, istilah linuxnya: "/")
c. journalised FS ext3 yang kedua besarnya kl. 6-10GB (untuk menyimpan data-data, istilah linuxnya "home"). untuk bermain-main dengan linux besarnya boleh kecil saja, sekira 1GB sudah cukup.
12. Selesai, partisi sudah siap dipakai. Ingatkan nama-nama partisi yang sudah dibuat dan besarnya, misal
hda5 ext3 2 GB,
hda6 swap 1 GB,
hda7 ext3 1,4 GB.
Bila Anda ingin memasang beberapa macam linux, partisi swap dan home bisa dipakai bersama, jadi tidak perlu dibuat untuk linux yang lainnya lagi. Untuk linux yang lain cuma perlu dibuat sebuah partisi tambahan, yaitu partisi sistem dan program tambahan. Jangan lupa mencatat nama-tipe-besar partisi dan diingat peruntukkannya pada secarik kertas.
13. Shutdown komputer Anda.


Bookmark